7 Macam Kecerdasan

Seringkali kita terpukau dengan kesuksesan seseorang. Tentu tak luput pula kita akan mengaitkan kesuksesan tersebut dengan kemampuan atau kecerdasan mereka. Hal ini tidaklah terlampau salah. Namun tahukah anda, bahwa untuk dapat meraih kesuksesan diperlukan tidak hanya satu macam kecerdasan?
Guna meraih kesuksesan, sedikitnya diperlukan 4 hingga 5 macam kecerdasan. Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui macam-macam kecerdasan ini. Menurut Dr. Howard Gardner dalam bukunya Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences (1983), terdapat tujuh macam kecerdasan;
1. Kecerdasan Linguistik-Verbal. Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk menyusun pikiran dengan jelas, serta mampu menggunakan kemampuan ini secara kompeten untuk mengungkapkan pikiran mereka dalam berbicara maupun menulis. Pada saat ini kecerdasan semacam ini sangat diperlukan. Contoh dari tokoh-tokoh yang memiliki kecerdasan linguistik menonjol antara lain: Winston Churchill, JF. Kennedy, Martin Luther King dan Soekarno.
2. Kecerdasan Matematika-Logis. Merupakan kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, pola dan pemikiran logis serta ilmiah. Kecerdasan ini akan membuat seseorang berpikir secara sistematis dan logis, utamanya dalam mengambil suatu keputusan. Karena itu kecerdasan ini diperlukan didalam dunia modern. Tokoh yang menonjol didalam kecerdasan matematis-logis antara lain: Aristoteles, Isaac Newton, Albert Einstein dan Bertrand Russell.
3. Kecerdasan Visual-Spatial, yaitu kemampuan untuk melihat dengan tepat gambaran visual disekitar mereka, serta detil yang sebagian besar orang lain tidak memperhatikannya. Seorang pelukis dapat mengetahui dengan rinci jenis sapuan maupun teknik lukis yang digunakan dalam suatu lukisan dengan melihat lukisan tersebut. Seorang fotografer dapat memilih sudut pandang tertentu sehingga akan menghasilkan gambar yang indah.
4. Kecerdasan Irama-Musik. Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk menghasilkan dan mengingat nada dan irama. Dari sudut pandang kecerdasan, diyakini bahwa musik mampu meningkatkan tingkat intelegensi seorang anak. Karenanya disarankan pada usia dini, anak dikenalkan dengan musik.
5. Kecerdasan Kinestetik, yaitu kecerdasan untuk mengoordinir anggota tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu. Seorang olahragawan memiliki kecerdasan kinestetik, sehingga memungkinkan mereka berlari secara cepat dengan metode tertentu.
6. Kecerdasan Interpersonal. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan dengan orang-orang disekitar mereka. Seorang yang memiliki kecerdasan interpersonal akan mampu memahami dan memperkirakan perasaan, maksud dan keinginan orang lain selanjutnya mampu menanggapinya dengan tepat.
7. Kecerdasan Intrapersonal. Merupakan kecerdasan untuk memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas hidup mereka. Orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung menjadi pemikir yang tercermin pada apa yang mereka lakukan serta terus menerus melakukan introspeksi diri. Lebih dari itu orang yang cerdas secara intrapersonal akan memiliki keyakinan diri dan kemandirian yang tinggi.
Bagaimana dengan anda?

0 Comments:

Post a Comment